Minggu, 05 Mei 2013

Cara Memperbaiki Hardisk


Hardisk merupakan salah satu media penyimpanan yang paling banyak digunakan saat ini. Alasannya karena hardisk dapat menampung file hingga kapasitas bergiga-giga dan perangkat komputer ini juga cukup awet bila digunakan dengan semestinya. Semakin kesini konsumen menuntut lebih banyak ruang dan para perusahaan pembuat hardisk berlomba memenuhi permintaan customer dengan membuat hardisk berkapasitas sangat besar serta kecepatan akses yang tinggi.
Jika Anda perhatikan ada beberapa komponen penting yang dimiliki sebuah hardisk. Bagian yang keras terdiri dari serangkaian trek melingkar disebut disk. Setiap disk dibagi menjadi beberapa bagian berbentuk pie yang disebut sektor. Sektor-sektor ini nantinya yang akan menyimpan data magnetis yang Anda simpan. Bad sektor pada hardisk sering terjadi karena motor listrik mengirimkan spindle pusat bagian dari disk tidak dapat dibaca.
1. Periksa Kesehatan Hardisk
Cara paling mudah untuk mengetahui kegagalan hard drive adalah dengan menjalankan CHKDSK, Check Disk, dan Utilitas. Ini adalah sebuah aplikasi bawaan windows yang memungkinkan Anda untuk memindai hard drive Anda untuk mendeteksi terjadinya kesalahan. Fungsi lain dari perangkat ini adalah untuk mengembalikan hardisk ke performa puncaknya. Ini bekerja dengan menandai zona kesalahan dan memerintahkan komputer Anda untuk melewatkan atau memperbaiki mereka. Berikut adalah cara memperbaiki hardisk :
1.      Buka “My Computer”
2.      Pilih hard drive Anda, klik kanan ikon hard drive.
3.      Pilih “Properties”.
4.      Klik “Tools” tab.
5.      Klik “Check Now”.
6.      Untuk perbaikan menyeluruh klik Automatically fix file system errors” and “Scan for and attempt recovery of bad sectors”
7.      Jika Anda melihat window dialog baru, klik “Schedule disk check” to start.
2. Fragment Data
Cara selanjutnya adalah memperbaiki masalah hardisk dengan mengorganisir data. Anda harus mengambil langkah-langkah untuk defrag data untuk memperbaiki masalah hardisk yang mengakibatkan kinerja Semakin menurun. Jika Anda memiliki kesalahan registri, Anda mungkin perlu untuk membersihkan registri untuk mengatur hard drive Anda secara efisien. Cara defragment :
1.      Buka “Start” Menu
2.      Klik pada “Computer”
3.      Klik kanan C: drive atau gambar hard drive Anda.
4.      Gulir ke bawah ke Klik “Properties”
5.      Pada Menu Properties, Buka menu “Tools”.
6.      Pilih “Defragment Now”.
7.      Pada menu Disk Deframenter. Klik “Defragment”
3. Bersihakan Sampah
Banyaknya file sampah di dalam komputer membuat kinerja hardisk menjadi berat dan jika hal ini berkepanjangan maka akan menyebabkan hardisk cepat rusak. Cara membersihkan sampah dan memperbaiki penyebab hard drive lambat dikarenakan data yang tidak efisien.
1.      Klik “Start”
2.      Pilih “Program”
3.      Buka “Aksesoris”
4.      Pilih “System Tools”
5.      Klik “Disk Cleanup”.

0 komentar:

Poskan Komentar